MELALUI RAKER SMK KAL-1 SASAR PERUBAHAN Surabaya,(26/07/25) Ketua Pengurus Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah Kolonel (Purn) R. Joko Heriyanto, S.E., M.M., CHRMP membuka secara resmi Rapat Kerja (Raker) awal tahun SMK KAL-1 Surabaya TP.2025/2026, (26/07/25) yang berlangsung di ruang Punthodewa SMK KAL-1 diikuti oleh (69) guru dan tenaga kependidikan. Kasatdik SMK KAL-1 Surabaya Munawar, S.Pd., M.Pd sengaja menggelar rapat kerja ini di awal TP.2025/2026 dengan menghadirkan (3) tiga narasumber sumber, Ketua Pengurus Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah Kolonel (Purn) R. Joko Heriyanto, S.E., M.M., CHRMP, Kabiddik Cabang Surabaya YHT Dra. Ramayanti dan Pengawas Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Sidoarjo - Surabaya Dra. Anastasia Moertodjo, MT. Sehari sebelum pelaksanaan Rapat Kerja (25/07/26), Kasatdik SMK KAL-1 Munawar, S.Pd., M.Pd bersama seluruh guru dan tenaga kependidikan telah bersama-sama mengadakan rapat evaluasi Tp.2024/2025 yang telah berlalu. Ketua Pengurus Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah Kolonel (Purn) R. Joko Heriyanto, S.E., M.M., CHRMPdalam sambutannya menyampaikan, Rapat kerja adalah momen strategis dalam menata langkah dan arah perjalanan sekolah selama satu tahun ke depan. Di sinilah kita duduk bersama, berdiskusi, mengevaluasi, merancang, dan memperkuat komitmen untuk terus meningkatkan mutu pendidikan. SMK KAL-1 sebagai bagian dari keluarga besar Yayasan Hang Tuah, memiliki visi besar, yaitu mencetak generasi yang berkarakter maritim, unggul secara akademik, dan siap kerja di dunia usaha dan dunia industri, khususnya sektor kelautan. Maka saya sangat berharap, dalam raker ini, akan lahir program-program kerja yang tidak hanya rutin dan administratif, tetapi juga inovatif, berdampak, dan selaras dengan tantangan zaman. Beberapa hal yang ingin saya garis bawahi dalam forum ini : 1. Perkuat budaya kerja kolaboratif dan profesional. 2. Mari kita jaga dan rawat semangat gotong-royong, komunikasi terbuka, serta etos kerja yang tinggi di antara seluruh civitas sekolah. 3. Prioritaskan peningkatan kualitas lulusan. Baik dari sisi karakter, keterampilan abad 21, maupun kesiapan mereka masuk ke dunia kerja, perguruan tinggi, atau wirausaha mandiri. 4. Digitalisasi tata kelola dan pembelajaran. Dunia berubah cepat. Sekolah pun harus adaptif dan gesit dalam mengadopsi teknologi untuk pelayanan pendidikan yang lebih efektif dan efisien. 5. Fokus pada penguatan branding sekolah. SMK KAL-1 harus semakin dikenal luas sebagai sekolah vokasi unggul berbasis kemaritiman. Pada sesi berikutnya, narasumber Kabiddik Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah Dra. Ramayanti menyampaikan beberapa tips dalam rangka meraih sukses dalam menghadapi SPMB. Diharapkan para guru dan karyawan SMK KAL-1 untuk meningkatkan perolehan siswa sesuai kuota pada SPMB mendatang tentu harus berani melakukan inovasi-inovasi yang nyata kepada masyarakat, melakukan perubahan pola publikasi/promosi sekolah. Metode lama SPMB dengan brozur, benner, paparan ke sekolah harus di rubah dengan kegiatan nyata yang langsung menyentuh masyarakat seperti layanan service motor gatis, service AC, service mobil dengan biaya murah dan lainya yang melibatkan langsung siswa/ guru SMK KAL-1. Sebagai contoh yang akan menyentuh masyarakat secara langsung sehingga kegiatan ini menjadi sarana promosi sekolah yang lebih efektif. Pada sesi tiga, hadir Pengawas Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Sidoarjo - Surabaya Dra. Anastasia Moertodjo, MT yang menyampaikan tentang deep learning (pendekatan belajar) pada kurikulum merdeka. Deep Learning menurutnya adalah di rancang untuk menyiapkan peserta didik sukses secara akademik sekaligus aktif, diarahkan untuk ketrampilan abat 21, enam (6) ketrampilan abad 21 meliputi communication, collaboration, critical thinking, creativity, citizenship/ cultural dan character/compassion. Disamping itu juga di urai secara detail pembelajaran mendalam, disini seorang guru harus memahami karakteristik siswa dengan berbagai strategi pembelajaran untuk menciptakan pembelajaran yang berkesadaran, bermakna dan menggembirakan. Pembelajaran mendalam mendorong murid untuk bertanggung jawab atas pembelajaran mereka sendiri dan merefleksikan kemajuan mereka sehingga mereka mampu melakukan asesmen diri, merefleksi capaian pembelajaran mereka sendiri dan menetapkan tujuan pribadi. Seluruh peserta rapat kerja SMK KAL-1 mulai pembukaan, penyampaian materi dari narasumber pertama, kedua dan ketiga mengikuti secara sungguh-sungguh, hal ini terlihat dari para peserta yang menyampaikan beberapa pertanyaan sehingga forum ini dapat terlihat hidup(yht/dar). - VIVA NEWS

Minggu, 27 Juli 2025

MELALUI RAKER SMK KAL-1 SASAR PERUBAHAN Surabaya,(26/07/25) Ketua Pengurus Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah Kolonel (Purn) R. Joko Heriyanto, S.E., M.M., CHRMP membuka secara resmi Rapat Kerja (Raker) awal tahun SMK KAL-1 Surabaya TP.2025/2026, (26/07/25) yang berlangsung di ruang Punthodewa SMK KAL-1 diikuti oleh (69) guru dan tenaga kependidikan. Kasatdik SMK KAL-1 Surabaya Munawar, S.Pd., M.Pd sengaja menggelar rapat kerja ini di awal TP.2025/2026 dengan menghadirkan (3) tiga narasumber sumber, Ketua Pengurus Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah Kolonel (Purn) R. Joko Heriyanto, S.E., M.M., CHRMP, Kabiddik Cabang Surabaya YHT Dra. Ramayanti dan Pengawas Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Sidoarjo - Surabaya Dra. Anastasia Moertodjo, MT. Sehari sebelum pelaksanaan Rapat Kerja (25/07/26), Kasatdik SMK KAL-1 Munawar, S.Pd., M.Pd bersama seluruh guru dan tenaga kependidikan telah bersama-sama mengadakan rapat evaluasi Tp.2024/2025 yang telah berlalu. Ketua Pengurus Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah Kolonel (Purn) R. Joko Heriyanto, S.E., M.M., CHRMPdalam sambutannya menyampaikan, Rapat kerja adalah momen strategis dalam menata langkah dan arah perjalanan sekolah selama satu tahun ke depan. Di sinilah kita duduk bersama, berdiskusi, mengevaluasi, merancang, dan memperkuat komitmen untuk terus meningkatkan mutu pendidikan. SMK KAL-1 sebagai bagian dari keluarga besar Yayasan Hang Tuah, memiliki visi besar, yaitu mencetak generasi yang berkarakter maritim, unggul secara akademik, dan siap kerja di dunia usaha dan dunia industri, khususnya sektor kelautan. Maka saya sangat berharap, dalam raker ini, akan lahir program-program kerja yang tidak hanya rutin dan administratif, tetapi juga inovatif, berdampak, dan selaras dengan tantangan zaman. Beberapa hal yang ingin saya garis bawahi dalam forum ini : 1. Perkuat budaya kerja kolaboratif dan profesional. 2. Mari kita jaga dan rawat semangat gotong-royong, komunikasi terbuka, serta etos kerja yang tinggi di antara seluruh civitas sekolah. 3. Prioritaskan peningkatan kualitas lulusan. Baik dari sisi karakter, keterampilan abad 21, maupun kesiapan mereka masuk ke dunia kerja, perguruan tinggi, atau wirausaha mandiri. 4. Digitalisasi tata kelola dan pembelajaran. Dunia berubah cepat. Sekolah pun harus adaptif dan gesit dalam mengadopsi teknologi untuk pelayanan pendidikan yang lebih efektif dan efisien. 5. Fokus pada penguatan branding sekolah. SMK KAL-1 harus semakin dikenal luas sebagai sekolah vokasi unggul berbasis kemaritiman. Pada sesi berikutnya, narasumber Kabiddik Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah Dra. Ramayanti menyampaikan beberapa tips dalam rangka meraih sukses dalam menghadapi SPMB. Diharapkan para guru dan karyawan SMK KAL-1 untuk meningkatkan perolehan siswa sesuai kuota pada SPMB mendatang tentu harus berani melakukan inovasi-inovasi yang nyata kepada masyarakat, melakukan perubahan pola publikasi/promosi sekolah. Metode lama SPMB dengan brozur, benner, paparan ke sekolah harus di rubah dengan kegiatan nyata yang langsung menyentuh masyarakat seperti layanan service motor gatis, service AC, service mobil dengan biaya murah dan lainya yang melibatkan langsung siswa/ guru SMK KAL-1. Sebagai contoh yang akan menyentuh masyarakat secara langsung sehingga kegiatan ini menjadi sarana promosi sekolah yang lebih efektif. Pada sesi tiga, hadir Pengawas Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Sidoarjo - Surabaya Dra. Anastasia Moertodjo, MT yang menyampaikan tentang deep learning (pendekatan belajar) pada kurikulum merdeka. Deep Learning menurutnya adalah di rancang untuk menyiapkan peserta didik sukses secara akademik sekaligus aktif, diarahkan untuk ketrampilan abat 21, enam (6) ketrampilan abad 21 meliputi communication, collaboration, critical thinking, creativity, citizenship/ cultural dan character/compassion. Disamping itu juga di urai secara detail pembelajaran mendalam, disini seorang guru harus memahami karakteristik siswa dengan berbagai strategi pembelajaran untuk menciptakan pembelajaran yang berkesadaran, bermakna dan menggembirakan. Pembelajaran mendalam mendorong murid untuk bertanggung jawab atas pembelajaran mereka sendiri dan merefleksikan kemajuan mereka sehingga mereka mampu melakukan asesmen diri, merefleksi capaian pembelajaran mereka sendiri dan menetapkan tujuan pribadi. Seluruh peserta rapat kerja SMK KAL-1 mulai pembukaan, penyampaian materi dari narasumber pertama, kedua dan ketiga mengikuti secara sungguh-sungguh, hal ini terlihat dari para peserta yang menyampaikan beberapa pertanyaan sehingga forum ini dapat terlihat hidup(yht/dar).

 


Surabaya,(26/07/25)

Ketua Pengurus Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah Kolonel (Purn)  R. Joko Heriyanto, S.E., M.M., CHRMP membuka secara resmi Rapat Kerja (Raker) awal tahun SMK KAL-1 Surabaya TP.2025/2026, (26/07/25) yang berlangsung di ruang Punthodewa SMK KAL-1 diikuti oleh (69) guru dan tenaga kependidikan.

Kasatdik SMK KAL-1 Surabaya  Munawar, S.Pd., M.Pd sengaja menggelar rapat kerja ini di awal TP.2025/2026 dengan menghadirkan (3) tiga  narasumber sumber,  Ketua Pengurus Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah Kolonel (Purn)  R. Joko Heriyanto, S.E., M.M., CHRMP, Kabiddik Cabang Surabaya YHT Dra. Ramayanti dan Pengawas  Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Sidoarjo - Surabaya  Dra. Anastasia Moertodjo, MT.

Sehari sebelum pelaksanaan Rapat Kerja (25/07/26), Kasatdik SMK KAL-1 Munawar, S.Pd., M.Pd bersama seluruh guru dan tenaga kependidikan telah bersama-sama mengadakan rapat evaluasi Tp.2024/2025  yang telah berlalu.

Ketua Pengurus Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah Kolonel (Purn)  R. Joko Heriyanto, S.E., M.M., CHRMPdalam sambutannya menyampaikan,  Rapat kerja adalah momen strategis dalam menata langkah dan arah perjalanan sekolah selama satu tahun ke depan.  Di sinilah kita duduk bersama, berdiskusi, mengevaluasi, merancang, dan memperkuat komitmen untuk terus meningkatkan mutu pendidikan. SMK KAL-1 sebagai bagian dari keluarga besar Yayasan Hang Tuah, memiliki visi besar, yaitu mencetak generasi yang berkarakter maritim, unggul secara akademik, dan siap kerja di dunia usaha dan dunia industri, khususnya sektor kelautan. 

Maka saya sangat berharap, dalam raker ini, akan lahir program-program kerja yang tidak hanya rutin dan administratif, tetapi juga inovatif, berdampak, dan selaras dengan tantangan zaman. Beberapa hal yang ingin saya garis bawahi dalam forum ini :

1. Perkuat budaya kerja kolaboratif dan profesional. 

2. Mari kita jaga dan rawat semangat gotong-royong, komunikasi terbuka, serta etos kerja yang tinggi di antara seluruh civitas sekolah.

3. Prioritaskan peningkatan kualitas lulusan. 

Baik dari sisi karakter, keterampilan abad 21, maupun kesiapan mereka masuk ke dunia kerja, perguruan tinggi, atau wirausaha mandiri.

4. Digitalisasi tata kelola dan pembelajaran. 

Dunia berubah cepat.  Sekolah pun harus adaptif dan gesit dalam mengadopsi teknologi untuk pelayanan pendidikan yang lebih efektif dan efisien.

5. Fokus pada penguatan branding sekolah. 

SMK KAL-1 harus semakin dikenal luas sebagai sekolah vokasi unggul berbasis kemaritiman. 

Pada sesi berikutnya,  narasumber Kabiddik Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah Dra. Ramayanti menyampaikan beberapa tips dalam rangka meraih sukses dalam menghadapi SPMB.

Diharapkan para guru  dan karyawan SMK KAL-1 untuk meningkatkan perolehan siswa sesuai kuota pada SPMB mendatang  tentu harus berani melakukan inovasi-inovasi yang nyata kepada masyarakat, melakukan perubahan pola publikasi/promosi sekolah.

Metode lama SPMB dengan brozur, benner, paparan ke sekolah harus di rubah dengan kegiatan nyata yang langsung menyentuh masyarakat seperti layanan service motor gatis, service AC, service mobil dengan biaya murah  dan lainya yang melibatkan langsung siswa/ guru SMK KAL-1.  Sebagai contoh  yang akan menyentuh masyarakat secara langsung sehingga kegiatan ini menjadi sarana promosi sekolah yang lebih efektif.

Pada sesi tiga, hadir Pengawas  Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Sidoarjo - Surabaya  Dra. Anastasia Moertodjo, MT yang menyampaikan tentang deep learning (pendekatan belajar) pada kurikulum merdeka.

Deep Learning menurutnya adalah di rancang   untuk menyiapkan  peserta didik sukses secara akademik sekaligus aktif,  diarahkan untuk ketrampilan abat 21, enam (6) ketrampilan abad 21 meliputi communication, collaboration, critical thinking, creativity, citizenship/ cultural dan character/compassion.

Disamping itu juga di urai secara detail pembelajaran mendalam, disini seorang guru harus memahami karakteristik siswa dengan berbagai strategi pembelajaran untuk menciptakan pembelajaran yang berkesadaran, bermakna dan menggembirakan.

Pembelajaran mendalam mendorong murid untuk bertanggung jawab atas pembelajaran mereka sendiri dan merefleksikan kemajuan mereka sehingga mereka mampu melakukan asesmen diri, merefleksi capaian pembelajaran mereka sendiri dan menetapkan tujuan pribadi. 

Seluruh peserta rapat kerja SMK KAL-1 mulai pembukaan, penyampaian materi dari narasumber pertama, kedua dan ketiga mengikuti secara sungguh-sungguh, hal ini terlihat dari para peserta yang menyampaikan beberapa pertanyaan  sehingga forum ini dapat terlihat hidup(yht/dar).

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda